Cara Buat Onde-Onde Kacang Hijau: Resep Serba Mudah, Nikmat, dan Legit

Pelajari cara membuat onde onde kacang hijau yang empuk, lumer, dan gurih dengan resep mudah dan bahan-bahan sederhana. Rasakan sensasi onde onde kacang hijau yang autentik dan lezat di rumah Anda.
Cara Buat Onde-Onde Kacang Hijau: Resep Serba Mudah, Nikmat, dan Legit

**Bahan-Bahan yang Diperlukan:**

- Kacang hijau kupas: 200 gram - Gula merah: 200 gram - Kelapa parut: 200 gram - Tepung ketan: 500 gram - Gula pasir: 100 gram - Garam: 1/2 sendok teh - Air: 250 mililiter - Minyak goreng: secukupnya

**Langkah-Langkah Pembuatan Onde-Onde Kacang Hijau:**

**1. Membuat Isi Kacang Hijau:**

- Rendam kacang hijau selama 1-2 jam hingga mengembang. - Setelah mengembang, kukus kacang hijau selama 20-25 menit hingga matang. - Haluskan kacang hijau yang sudah matang dengan menggunakan blender atau ulekan. - Masukkan gula merah, kelapa parut, dan garam ke dalam kacang hijau yang sudah dihaluskan. - Aduk hingga semua bahan tercampur rata. - Bentuk adonan kacang hijau menjadi bulatan-bulatan kecil.

**2. Membuat Adonan Onde-Onde:**

- Campur tepung ketan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. - Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. - Bagi adonan onde-onde menjadi beberapa bagian kecil, lalu bulatkan. - Pipihkan adonan onde-onde, lalu isi dengan bulatan kacang hijau. - Bulatkan kembali adonan onde-onde hingga kacang hijau tertutup rapat.

**3. Menggoreng Onde-Onde:**

- Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga mencapai suhu 170-180 derajat Celcius. - Masukkan onde-onde ke dalam minyak panas, lalu goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. - Angkat onde-onde yang sudah matang, lalu tiriskan di atas kertas minyak.

**4. Menikmati Onde-Onde Kacang Hijau:**

- Sajikan onde-onde kacang hijau selagi hangat atau dingin. - Onde-onde kacang hijau dapat disajikan dengan berbagai macam pelengkap, seperti gula bubuk, parutan kelapa, atau saus manis.

**Tips Membuat Onde-Onde Kacang Hijau yang Sempurna:**

- Pastikan kacang hijau yang digunakan benar-benar matang sebelum dihaluskan. - Gunakan gula merah yang berkualitas baik dan tidak terlalu keras. - Jangan terlalu banyak menambahkan gula pasir ke dalam adonan onde-onde, agar tidak membuat onde-onde menjadi terlalu manis. - Pastikan adonan onde-onde tidak terlalu lembek, agar onde-onde tidak mudah hancur saat digoreng. - Goreng onde-onde dengan api sedang, agar onde-onde matang merata dan tidak gosong.

**Variasi Onde-Onde Kacang Hijau:**

- Selain menggunakan kacang hijau, Anda juga dapat menggunakan isian lain untuk membuat onde-onde, seperti kacang merah, kacang tanah, atau ubi jalar. - Anda dapat menambahkan berbagai macam topping ke dalam onde-onde, seperti wijen, meses, atau kacang cincang. - Anda dapat membuat onde-onde dengan berbagai macam warna, seperti hijau, merah, atau kuning, dengan menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan.

**Onde-Onde Kacang Hijau, Camilan Tradisional yang Lezat:**

- Onde-onde kacang hijau merupakan salah satu camilan tradisional Indonesia yang sangat populer. - Onde-onde kacang hijau memiliki rasa yang manis, gurih, dan legit, dengan tekstur yang lembut dan kenyal. - Onde-onde kacang hijau dapat disajikan sebagai camilan saat bersantai, sebagai makanan penutup, atau sebagai oleh-oleh.