Resep Rahasia: Sambal Belacan Super Pedas dan Lezat, Dijamin Nagih!

Sambal belacan, sambal khas Malaysia yang terbuat dari udang rebon yang difermentasi, cabai, dan berbagai bumbu lainnya. Cocok dipadukan dengan nasi lemak, lontong, atau ketupat.
Resep Rahasia: Sambal Belacan Super Pedas dan Lezat, Dijamin Nagih!

Bahan-bahan dan Alat yang Diperlukan:

- 200 gram cabai rawit merah, buang bijinya dan potong-potong - 200 gram udang rebon kering, cuci bersih dan tiriskan - 100 gram gula merah, sisir halus - 50 gram asam jawa, larutkan dengan sedikit air panas - 2 batang serai, memarkan - 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek - 1 ruas lengkuas, memarkan - 1/2 sendok teh terasi bakar, bakar hingga harum - 1 sendok teh garam - 2 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah Membuat Sambal Belacan:

1. Panaskan Minyak: - Panaskan minyak goreng dalam wajan atau kuali. 2. Tumis Udang Rebon dan Serai: - Setelah minyak panas, masukkan udang rebon kering dan serai. - Tumis hingga udang rebon berwarna kecokelatan. 3. Masukkan Cabai Rawit: - Masukkan cabai rawit merah yang telah dipotong-potong. - Tumis hingga cabai layu dan berwarna kehitaman. 4. Tambahkan Bahan-bahan Lainnya: - Setelah sambal layu, masukkan gula merah, asam jawa, daun jeruk, lengkuas, dan terasi bakar. - Aduk rata dan tumis hingga semua bahan tercampur. 5. Tambahkan Air dan Garam: - Tambahkan sedikit air untuk membantu melarutkan gula merah dan asam jawa. - Tambahkan garam secukupnya. 6. Masak hingga Matang: - Masak sambal belacan dengan api sedang hingga matang. - Aduk sesekali agar sambal tidak gosong. 7. Sajikan dengan Nasi Hangat: - Setelah sambal belacan matang, angkat dan sajikan dengan nasi hangat. - Sambal belacan dapat dijadikan lauk pendamping untuk berbagai jenis makanan.

Tips dan Trik Membuat Sambal Belacan:

- Gunakan cabai rawit merah yang segar dan berkualitas baik. - Pilih udang rebon kering yang bersih dan bebas dari pasir. - Saat menumis cabai, jangan terlalu lama agar sambal tidak pahit. - Gunakan gula merah yang berkualitas baik dan tidak mengandung kotoran. - Tambahkan sedikit air untuk membantu melarutkan gula merah dan asam jawa. - Jangan lupa tambahkan garam secukupnya. - Masak sambal belacan hingga matang dan harum.

Manfaat Konsumsi Sambal Belacan:

- Sambal belacan dapat membantu meningkatkan nafsu makan. - Sambal belacan mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. - Sambal belacan dapat membantu meredakan sakit perut. - Sambal belacan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kesimpulan:

Sambal belacan merupakan salah satu sambal tradisional Indonesia yang sangat populer. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, gurih, dan sedikit asam. Sambal belacan dapat dijadikan lauk pendamping untuk berbagai jenis makanan. Selain itu, sambal belacan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan nafsu makan, meredakan sakit perut, dan meningkatkan daya tahan tubuh.