Resep Cara Bikin Tape Ketan Legit Manis

Pelajari cara membuat tape ketan sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Ikuti langkah demi langkah resep tape ketan yang sudah terbukti berhasil ini untuk menghasilkan tape ketan yang lembut, manis, dan legit.
Resep Cara Bikin Tape Ketan Legit Manis

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

1. 1 kilogram beras ketan putih 2. 250 gram ragi tape 3. 1 sendok makan gula pasir 4. Air secukupnya 5. Daun pisang untuk membungkus

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Persiapan Beras Ketan:

Cuci bersih beras ketan putih hingga air cuciannya bening. Setelah itu, rendam beras ketan dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit.

2. Menanak Beras Ketan:

Setelah 30 menit, tiriskan beras ketan dan kukus hingga matang. Kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit atau hingga beras ketan mengembang dan memiliki tekstur yang pulen.

3. Menghaluskan Beras Ketan:

Setelah beras ketan matang, angkat dan pindahkan ke wadah yang bersih. Haluskan beras ketan hingga menjadi bubur halus menggunakan ulekan atau alat penghancur lainnya.

4. Menambahkan Ragi Tape:

Setelah beras ketan halus, tambahkan ragi tape dan gula pasir. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata. Pastikan ragi tape dan gula pasir terdistribusi secara merata ke seluruh bubur beras ketan.

5. Membungkus Tape Ketan:

Ambil selembar daun pisang dan letakkan bubur beras ketan yang sudah dicampur dengan ragi tape di atasnya. Bentuk bubur beras ketan menjadi lonjong atau sesuai dengan selera Anda. Bungkus bubur beras ketan dengan daun pisang hingga rapat. Ulangi proses ini hingga semua bubur beras ketan habis.

6. Memasukkan Tape Ketan ke Dalam Wadah:

Siapkan wadah yang bersih dan tertutup rapat. Susun tape ketan yang sudah dibungkus daun pisang ke dalam wadah tersebut secara berlapis-lapis. Pastikan tape ketan saling menempel satu sama lain agar proses fermentasi berlangsung secara merata.

7. Proses Fermentasi:

Tutup wadah tape ketan dengan rapat dan simpan di tempat yang hangat. Suhu ideal untuk proses fermentasi tape ketan adalah sekitar 30-40 derajat Celcius. Proses fermentasi biasanya berlangsung selama 2-3 hari. Selama proses fermentasi, tape ketan akan mengeluarkan aroma yang khas.

8. Pematangan Tape Ketan:

Setelah proses fermentasi selesai, tape ketan akan matang dan siap untuk dikonsumsi. Ciri-ciri tape ketan yang matang adalah teksturnya yang lembut dan lengket, serta rasanya yang manis dan sedikit asam. Anda dapat menikmati tape ketan sebagai camilan atau sebagai bahan dasar berbagai jenis makanan dan minuman.

9. Penyimpanan Tape Ketan:

Tape ketan dapat disimpan di dalam lemari es untuk memperpanjang masa simpannya. Simpan tape ketan dalam wadah yang tertutup rapat dan usahakan untuk tidak membuka wadah tersebut terlalu sering. Tape ketan yang disimpan di dalam lemari es dapat bertahan hingga 1 minggu.

10. Saran Penyajian:

Tape ketan dapat dinikmati langsung atau disajikan dengan berbagai macam topping. Beberapa topping yang cocok untuk tape ketan antara lain kelapa parut, gula merah, dan susu kental manis. Anda juga dapat menggunakan tape ketan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai jenis makanan dan minuman, seperti es tape ketan, puding tape ketan, dan kolak tape ketan.