Hilangkan Iklan Mengganggu di HP Android Tanpa Ribet

Atasi iklan yang tiba-tiba muncul di ponsel Android Anda dengan mengikuti langkah-langkah mudah ini. Hilangkan gangguan iklan dan nikmati pengalaman penggunaan ponsel yang lebih nyaman.
Hilangkan Iklan Mengganggu di HP Android Tanpa Ribet

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul

Iklan yang tiba-tiba muncul di HP Android dapat mengganggu kenyamanan pengguna dan menghabiskan kuota internet. Iklan ini dapat muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasi tertentu, menjelajahi internet, atau bahkan saat Anda sedang tidak menggunakan HP. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut.

1. Cek Aplikasi yang Terpasang

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengecek aplikasi yang terpasang di HP Anda. Beberapa aplikasi mungkin mengandung iklan yang mengganggu. Untuk mengeceknya, buka Pengaturan > Aplikasi. Kemudian, gulir ke bawah dan cari aplikasi yang mencurigakan. Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak Anda kenal atau tidak pernah Anda pasang, hapus aplikasi tersebut.

2. Nonaktifkan Perizinan Iklan

Beberapa aplikasi mungkin memiliki izin untuk menampilkan iklan kepada Anda. Untuk menonaktifkan perizinan iklan, buka Pengaturan > Aplikasi. Kemudian, ketuk aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan iklannya. Selanjutnya, ketuk Perizinan dan nonaktifkan izin Tampilkan Iklan.

3. Gunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemblokir iklan untuk menghilangkan iklan yang muncul di HP Anda. Aplikasi ini bekerja dengan memblokir permintaan iklan dari server iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan yang populer antara lain AdBlock Plus, AdAway, dan uBlock Origin. Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi ini dari Google Play Store.

4. Gunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) dapat digunakan untuk menyembunyikan alamat IP Anda dari pelacak iklan. Hal ini dapat mencegah iklan yang ditargetkan berdasarkan lokasi Anda. Untuk menggunakan VPN, Anda dapat mengunduh aplikasi VPN dari Google Play Store. Beberapa aplikasi VPN yang populer antara lain ExpressVPN, NordVPN, dan Surfshark.

5. Ubah Pengaturan DNS

Anda juga dapat mengubah pengaturan DNS untuk memblokir iklan. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Jaringan & Internet. Kemudian, ketuk Setelan Canggih dan pilih DNS Pribadi. Masukkan alamat DNS seperti 1.1.1.1 dan 1.0.0.1. Setelah itu, ketuk Simpan.

6. Lakukan Root pada HP Anda

Jika Anda ingin menghilangkan iklan secara menyeluruh, Anda dapat melakukan root pada HP Anda. Rooting adalah proses mendapatkan akses penuh ke sistem operasi Android. Setelah HP Anda di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti AdAway untuk memblokir iklan secara sistem. Namun, rooting dapat membatalkan garansi HP Anda dan membuat HP Anda lebih rentan terhadap serangan malware.

7. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat melakukan factory reset pada HP Anda. Factory reset akan menghapus semua data dan pengaturan di HP Anda, termasuk aplikasi dan iklan yang terpasang. Untuk melakukan factory reset, buka Pengaturan > Sistem > Atur Ulang Opsi. Kemudian, ketuk Hapus Semua Data (Factory Reset) dan ikuti petunjuk yang diberikan.

8. Hubungi Operator Seluler Anda

Jika Anda masih mengalami masalah dengan iklan yang muncul di HP Anda, Anda dapat menghubungi operator seluler Anda. Operator seluler Anda mungkin dapat membantu Anda memblokir iklan di jaringan mereka.

9. Hindari Situs Web dan Aplikasi yang Menampilkan Banyak Iklan

Salah satu cara terbaik untuk menghindari iklan adalah dengan menghindari situs web dan aplikasi yang menampilkan banyak iklan. Jika Anda menemukan situs web atau aplikasi yang menampilkan iklan yang mengganggu, sebaiknya hindari menggunakannya.

10. Gunakan HP dengan ROM Kustom

Jika Anda ingin menghilangkan iklan secara menyeluruh tanpa harus melakukan root pada HP Anda, Anda dapat menggunakan HP dengan ROM kustom. ROM kustom adalah sistem operasi Android yang dimodifikasi oleh pengembang independen. Beberapa ROM kustom, seperti LineageOS dan Paranoid Android, memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan.